Slide Gambar

Chat With Arsitek

Pesan

Fungsi roof garden

Diposting oleh Griyaabadi Senin, 07 Februari 2011


Fungsi roof garden bukan pemanis belaka, yang terpenting adalah sebagai taman aktif untuk mewadahi aktivitas anda sekeluarga. Di taman atap itu, anda sekeluarga dapat bercengkrama, bermain, atau menjamu kerabat dan teman. Bentuknya sesuai selera anda; bisa tertutup tanaman seluruhnya atau hanya setempat-setempat yang penting roof garden anda teduh.
Inilah sejumlah kiat membuat roof garden :
- Pastikan dak rumah anda kuat menahan beban tanah/media tanam, tanaman, elemen taman (bangku, lampu, gazebo, pergola) dan   utilitas (pipa drainase, instalasi lampu dan air), serta manusia yang beraktivitas di atasnya. Beban struktur dapat   dikurangi dengan menggunakan media tanam yang ringan, seperti campuran gel, sabut kelapa, batang pakis, rumput laut, dan   arang.
  Taburkan mulsa di atas media tanam untuk mengurangi penguapan. Tempatkan tanaman yang berat seperti pohon atau semak   besar, tepat diatas kolom. Gunakan pohon dari bibit vegetatif (stek/cangkok) agar berakar serabut.
- sebaiknya roof garden diberi fasilitas berteduh untuk mengurangi panas, pada ruangan di bawahnya. Selain pohon,   kita dapat membangun  pergola, gazebo atau memasang kanopi.
- Tutup permukaan dak dengan bahan yang mentyerap panas, seperti rumput atau rubber tile (karet). Permukaaan air, berupa   kolam atau taman air, juga dapat menjadi pilihan.
- Ketebalan media tanam bervariasi. Untuk rumput dan tanaman pembatas cukup media setinggi 20cm, semak 30cm-50cm, dan     semak/pohon bibit vegetatif setinggi 80cm. Untuk mengurangi beban struktur. buat beberapa planter setempat atau urugan     kontur untuk tanaman yang membutuhkan media tanam yang tebal.
- Sebelum di beri media tanam, dak dilapisi cairan waterproofing. Beri dasar batu apung/batu karang, kemudian di atasnya   dilapisi geotextile. Urug dengan media tanam yang sudah disediakan, sesuai kebutuhan. Taman pepohonan atau tanaman sesuai   desain yang sudah dirancang sebelumnya. Lalu taburkan mulsa sekam padi/kulit kayu di atas media tanam.


0 komentar

Posting Komentar